Frequently Asked Questions (FAQ)
Apa itu BV
BV adalah Bisnis Value adalah nilai bisnis suatu produk. Perhitungan bonus berdasarkan BV dikarenakan perbedaan kurs mata uang di setiap negara yang ada di produk K-Link, sehingga dengan menggunakan BV Anda dapat menjalankan bisnis K-Link Anda sampai mancanegara. Misal kacamata K-Ion Nano = 85 BV, Klorofil = 25 BV.
Bagaimana perhitungan bonus dengan Marketing Plan K-Link?
PT K-Link memiliki 2 Plan, yaitu Plan A dan Plan B yang memberikan kemudahan dan keuntungan untuk member baru ataupun member yang sudah lama bergabung. Artinya Anda dapat mendapatkan bonus walaupun Anda baru bergabung di K-Link.Jika pendapatan dan kebutuhan tiap orang diibaratkan seperti sebuah lingkaran maka pada sebagian besar orang, lingkaran pendapatan atau kemampuannya tidak mampu menutupi besarnya lingkaran kebutuhan yang ada. Inilah mengapa kita memerlukan PT K-Link sebagai wadah atau kendaraan untuk memperbesar lingkaran pendapatan kita agar seimbang atau lebih besar dengan lingkaran kebutuhan.Untuk mendapatkan bonus Plan A perbelanjaan minimal 100 BV dan untuk mendapatkan bonus Plan A dan Plan B minimal 400 BV.
Bagaimana jenjang karir Anda di K-Link?
Di K-Link Anda berkesempatan mendapatkan peringkat atau jenjang karir. Peringkat Anda di K-Link juga menentukan tinggi rendahnya penghasilan yang Anda capai.Contoh cara cepat untuk kenaikan peringkat dengan memiliki 3 frontline (3 kaki), dan pada ke 3 frontline / kaki Anda juga anjurkan untuk melakukan hal yang sama.Lakukan pembinaan ke-tiga frontline Anda, ajarkan kepada mereka masing-masing untuk memiliki 3 frontline (3 kaki) juga. Lakukan penduplikasian secepatnya.Sistem kenaikan peringkat dalam K-Link memiliki keunggulan antara lain :
- Tidak ada batas waktu
- Satu naik peringkat semua naik peringkat.
- Peringkat tidak akan pernah turun.
- Keuntungan dibagi secara proporsional.
- Kenaikan peringkat berdasarkan akumulasi penjualan.
Peringkat, jenjang karir, dan syaratnya.
- 3% Member, Akumulasi Belanja Pribadi dan Grup 100BV
- 6% Senior Member, Akumulasi belanja Pribadi dan Grup 400BV
- 9% Supervisor, Akumulasi Belanja Pribadi dan Grup 2000BV
- 12% Assisten Manager, Akumulasi Belanja Pribadi dan Grup 8000BV
- 15% Manager, Akumulasi Belanja Pribadi dan Grup 15000BV
- 17% Sapphire Manager, Memiliki 1 Manager di salah satu frontline-nya
- 19% Ruby Manager, Memiliki 2 Manager di 2 kaki frontline-nya yang berbeda
- 21% Emerald Manager, Memiliki 3 Manager di 3 kaki frontline-nya yang berbeda
- 23% Diamond Manager, Memiliki 4 Emerald Manager di frontline-nya yang berbeda
- 25% Crown Manager, Memiliki 8 Emerald Manager di frontline-nya yang berbeda
- 28% Crown Ambassador, Memiliki 12 Emerald Manager di frontline-nya yang berbeda
- 28% Senior C. Ambassador, Memiliki 14 Emerald Manager di frontline-nya yangberbeda
- 28% Royal C. Ambassador, Memiliki 17 Emerald Manager di frontline-nya yang berbeda
K-Link sangat menentang segala bentuk money game, arisan berantai, dll. Di K-Link Anda tidak akan mendapatkan bonus ketika mensponsori seseorang.
Anda akan mendapatkan keuntungan murni dari omzet pemakaian/penjualan produk Anda dan grup Anda. Sehingga jika suatu saat nanti Anda tidak melakukan sponsoring Anda masih bisa mendapatkan bonus (Pensiun/Passive Income).
Hal ini membuat tidak ada pemaksaan terhadap seseorang yang bergabung dan begitu pula dengan para distributir, tidak perlu melakukan pemaksaan dalam sponsoring.
Lebih lengkap bisa download di sini:
https://k-link.co.id/business-opportunity/our-marketing-plan/
Apa itu 1 poin dan 2 poin?
Adalah capaian bonus untuk mendapatkan bonus dynamic fund. Untuk member baru diarahkan memulai dengan target capaian ini. 1 poin dan 2 poin.Enter your text here…
Apa itu GBS?
GBS adalah Global Bonus Sharing, satu bonus di Plan B yang biasanya menjadi target ke-2 setelah pencapaian bonus 1 poin dan 2 poin.
Apa itu Leaders Club (LC) dan macam-macam LC?
Leaders Club adalah peringkat yang diberikan kepada member dengan patokan penghasilan dan leadership. Prestasi ini sangat bergengsi di PT K-Link Indonesia.
- Silver Leaders Club = Berpenghasilan Rp10jt – 24,99jt/bln
- Gold Leaders Club = Berpenghasilan Rp25jt – 49,99jt/bln
- Platinum Leaders Club = Berpenghasilan Rp50jt – 79,99jt/bln
- Executive Leaders Club = Berpenghasilan > Rp80jt/bln
Apa itu Partner Sejati?
Partner Sejati ada 2, yaitu PSE dan PSP. Suatu capaian sebelum LC untuk member-member yang telah memenuhi kualifikasi.
Kualifikasi Partner Sejati Emas (PSE)
- Presentasi minimal 30x per bulan
- Minimal 400 PBV/bulan
- Menjalankan ΔS (Sikap, Service, Sponsoring)
- Good Promotor
- Mencapai GBS
- Good Team Player:
- Accountable
- Responsible
- Cooperative
- Unity
- Teamwork
Kualifikasi Partner Sejati Platinum (PSP)
- Presentasi minimal 30x per bulan
- Minimal 400 PBV/bulan
- Menjalankan ΔS (Sikap, Service, Sponsoring)
- Good Promotor
- Mencapai GBS (3 legnya mencapai omzet 3000-3000-3000)
- Good Team Player:
- Accountable
- Responsible
- Cooperative
- Unity
- Teamwork
Bagaimana sejarah K-Link berdiri?
Didirikan pada bulan Mei 2002, K-Link Indonesia telah menerima banyak penghargaan yang membuktikan bahwa orang-orang, produk dan bisnis K-Link merupakan yang terbaik di industri ini. Dengan dilandasi oleh nilai-nilai utama serta fokus pada misi dan visi Kami, bagian dari cetak biru kesuksesan K-Link terletak pada slogan Kami, ‘Unity is Power’. K-Link percaya kesuksesan dapat dicapai melalui kerja sama tim yang kuat, dan budaya inilah yang selalu K-Link upayakan untuk tumbuh dalam Perusahaan Kami.
Apa itu Digital Network Marketing?
Perbedaan Digital Network Marketing dengan bisnis networking konvensional adalah dengan sudah digunakannya media digital sehingga memudahkan para member untuk menjalankan bisnisnya.
Di mana saja letak stockist K-Link?
Pusat stockist Kami dapat ditemukan hampir di setiap kota besar dan kota-kota di seluruh negeri ini, seiring dengan adanya pembukaan gerai-gerai baru secara terus menerus.
Bagaimana cara memulai menjalankan bisnis ini?
- Anda perlu belajar tentang Product Knowledge atau pengetahuan tentang produk yang akan kita jual.
- Anda perlu belajar bagaimana memasarkan produk ini baik melalui organik atau cara berbayar.
- Anda perlu tahu bagaimana mendapatkan hasil yang optimal, bukan hanya dari keuntungan langsung saja tetapi juga dari bonus pengembangan jaringan yang kita lakukan.
- Anda perlu tahu bagaimana berbelanja di k-net.co.id dan k-mart.co.id.
Yang pertama kita akan belajar Product Knowledge dari beberapa produk best seller kita. Tujuannya akan bisa langsung action dan menghasilkan uang.
Bagaimana cara menjalankan online secara organik?
Berikut adalah langkah-langkah untuk memasarkan dan mempromosikan produk secara organik (gratis).
Bagaimana cara Whatsapp broadcast?
Ini adalah cara sederhana untuk bisa memasarkan bisnis ini baik berjualan atau merekrut. Caranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas broadcast atau siaran baru di Whatsapp. K-Link sudah menyediakan videonya dan secara lengkap ada di TOM (Training Online Marketing).
- Langkah 1 : Buka aplikasi Whatsapp dan klik menu Whatsapp (titik 3 di pojok kanan atas) kemudian pilih Siaran Baru.
- Langkah 2 : Pilih kontak Anda maksimal 265 kontak (usahakan capai maksimal kontak) kalau sudah klik tombol ceklis.
- Langkah 3 : Copy/salin pesan dan semua gambar secara berurutan, kemudian paste/tempel di grup Siaran baru yang tadi sudah dibuat.
Bagaimana cara promosi di status Whatsapp?
- Buka aplikasi Whatsapp, pilih status dan tekan tombol “+” berwarna hijau pada Status Saya atau tombol gambar lensa warna hijau di pojok kanan bawah.
- Kemudian Anda bisa pilih foto yang akan dijadikan status, kemudian tekan tombol kirim.
- Caption atau keterangan pada status bisa dikosongkan selama foto sudah bisa menjelaskan apa yang dimaksud.
- Foto-foto promosi yang bisa diambil di grup Telegram Inspiradzi atau K-Link Selling.
- Silakan upload sehari minimal 3 kali dengan minimal 2 foto setiap upload-nya.
- Adapun waktu upload terbaik di mana banyak orang online (Prime Time) adalah:Jam 06.00 – 08.00Jam 11.00 – 13.00Jam 17.00 – 20.00
Bagaimana membangun omzet dari reseller atau kolega kita?
Setiap hari memposting di akun Facebook pribadi dan status Whatsapp kita menggunakan foto-foto kacamata ataupun testimoni-testimoni yang ada. Setiap harinya 3 postingan pada jam prime time. Bisa dalam bentuk story telling lalu sertakan nomor handphone Whatsapp bisnis.
Bagaimana cara optimasi Facebook/Instagram lewat status?
- Secara prinsip, optimasi organik/gratis via Facebook/Instagram sama seperti Whatsapp, yaitu dengan upload foto atau video disaat prime time.
- Yang perlu diperhatikan juga ukuran foto atau video baiknya portrait agar gambar bisa maksimal dilihat oleh calon pelanggan.
- Kemudian durasi untuk video hanya 1 menit.
- Usahakan dalam satu hari maksimal hanya upload 8 status dikarenakan ketika status terlalu banyak belum tentu orang tertarik dan melihatnya.
- Durasi satu postingan status akan ditampilkan oleh Whatsapp/Facebook/Instagram hanya selama 24 jam saja.
Bagaimana cara berjualan lewat marketplace Facebook?
Fitur marketplace disediakan oleh Facebook sebagai tempat untuk berjualan dengan jangkauan tertentu sesuai dengan targeting yang kita tetapkan secara gratis. Fitur ini hanya tersedia pada akun Facebook yang berusia sekitar di atas 1 bulan, ini untuk menghindari dari penipuan oleh akun-akun palsu.
Bagaimana cara berjualan melalui Facebook Ads?
Facebook Ads adalah media beriklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens nya. Penempatan iklan biasanya berada pada beranda atau sidebar. Terdapat beberapa macam iklan yang disediakan oleh Facebook Ads. Jika dilihat dari bentuknya terdapat iklan video dan iklan gambar. Facebook Ads juga memiliki beberapa kategori iklan yang dilihat dari tujuannya misalnya, Impression, Traffic, Lead dan lain sebagainya.
- Beda objektif iklan? Boost post, CTW, conversion?
- Objektif adalah goal. Setiap ads harus memiliki goal, apakah ingin mendapatkan klik, pendaftaran, konversi, atau apapun.
- CTW Ad digunakan ketika Anda ingin meminta Facebook untuk mencari pemirsa yang punya kecenderungan meng-klik ke website Anda.
- Conversion bisa dalam arti membeli produk, atau mendaftar sebagai di website.
- Cara isi saldo
- Anda bisa melakukan pengisian saldo melalui transfer ATM dengan mengikuti prosedur yang tertera. Setelah Anda melakukan pembayaran Facebook akan mereview iklan Anda dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.
- Cara menentukan pemirsa
- Pemirsa Khusus: Anda bisa mengatur untuk menjangkau orang-orang yang pernah berhubungan dengan Anda baik secara online maupun offline. Anda bisa mengarahkan iklan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda, berinteraksi di konten halaman Facebook Anda, sampai orang-orang yang pernah menelepon Anda.
- Lokasi: Anda dapat menentukan lokasi dari target. Masukkan satu atau lebih banyak negara, negara bagian/wilayah, kota, kode pos, dan alamat.
- Umur: Jika produk yang akan Anda iklankan berdasarkan rentang usia tertentu, Anda dapat memilih target berdasarkan usia, misalnya orang dengan usia 18-35 tahun. Silakan disesuaikan dengan produk yang akan Anda iklankan.
- Jenis Kelamin: Anda juga dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin, jika produk khusus wanita berarti Anda dapat memilih pilihan khusus wanita saja atau sebaliknya. Selain itu juga dapat dipilih keduanya.
- Bahasa: Jika Anda sudah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, biarkan ini kosong kecuali pemirsa yang Anda targetkan menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang telah Anda pilih.
- Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk target iklan yang lebih rinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya. Silakan untuk memilih yang sesuai dengan produk yang Anda iklankan.
- Cara menentukan anggaran:
- Dibandingkan dengan channel iklan lainnya, Facebook Ads bisa dibilang memiliki biaya iklan yang murah. Dengan Rp 10.000,- Anda sudah bisa menyewa iklan di Facebook Ads. Tidak hanya itu, Facebook Ads juga memiliki fitur pengoptimalan anggaran iklan yang memaksimalkan jangkauan iklan namun dengan biaya yang terjangkau. Jika Anda sudah mahir memilih audiens iklan Anda, Facebook akan memberikan harga iklan yang sangat murah.
Bagaimana cara mendapatkan konten-konten promosi K-Link?
Konten promosi dapat diakses di channel Telegram, khususnya di channel Inspiradzi (Inspiradzi Digital Marketing & Inspiradzi Digital Online).
- K-Link Digital Marketing
- Beberapa channel Telegram untuk mendapatkan konten promosi produk :
- K-Ion Nano
- Gambar-gambar K-Ion Nano untuk status Whatsapp
- Testimoni K-Ion Nano
- Tools Kit Kacamata K-Ion Nano
- K-I Brief
- D’Flora Cosmetics
- K-Man Celana Dalam Terapi
- K-Queen – Celana Kesehatan
- K-C Skim Milk
- K-Link Digital Syariah
- Pattern Closing Rekrutmen
Apa itu copywriting? Apa itu HOCI?
Copywriting adalah teknik penulisan yang bisa mempengaruhi pembacanya agar mau membeli atau bergabung di bisnis ini. Biasanya digunakan di status Facebook atau pesan Whatsapp yang kita kirimkan. Secara sederhana di dalam copywriting ini terdapat HOCI (Headline, Offer, Call to Action, Image) yang merupakan teknik simpel yang diajarkan di Training Online Marketing K-Link.
- Headline : Cari headline yang menarik dan wow.
- Offer : Beri panawaran menarik mulai dari manfaat produk, dll.
- Call to Action : Pada iklan buat sesuatu yang menarik sehingga mereka segera menghubungi pada saat itu juga misal “Free ongkir se-Indonesia, hanya hari ini. Segera hubungi nomor …… “
- Image : Pastikan fotonya di-upload menarik, karena sangat berpengaruh pada iklan.
Untuk lebih lengkapnya bisa mengikuti TOM terdekat di kota Anda.
Bagaimana cara berkonsultasi dengan product officer?
-
- Bagaimana cara berkonsultasi dengan product officer?
- Cara berkonsultasi dengan product officer dapat dengan beberapa cara yaitu:
- Dapat menghubungi kantor pusat PT K-Link Indonesia (021-29027000) lalu akan dibantu oleh operator yang akan menyambungkan ke bagian product.
- Dapat mengirimkan pesan pribadi melalui SMS/Whatsapp personal ke Product Eksekutif.
- Dapat bergabung dengan chat online yang khusus pada bagian produk setiap hari kamis pukul 13.00 s.d. 16.00 (Produk Kesehatan) & setiap hari selasa pukul 13.00 s.d. 16.00 (Produk Kecantikan) dengan mengakses www.k-link.co.id dan klik logo pesan di sebelah kanan bagian bawah.
Enter your text here…
Bagaimana jika ada pelanggan komplain?
Jika ada pelanggan komplain dapat menghubungi customer service/operator PT K-Link Indonesia (021-29027000) dan mintalah untuk disambungkan ke bagian produk.
Apakah barang bisa diretur?
Bisa, barang dapat diretur dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.Juga dengan membawa berkas pelengkap antara lain:
- Kartu garansi
- Bukti pembelian
- Berita acara
Apakah ada garansi dalam produk K-Link?
Ada, rata-rata lamanya garansi produk K-Link yaitu 6-12 bulan.
Apakah ada sertifikat halalnya?
Iya ada.
Kenapa K-Link memiliki program ladies?
Saat ini, wanita diartikan sebagai sosok yang kuat, mampu, dan dapat diandalkan tanpa meninggalkan kodratnya sebagai wanita. Wanita masa kini adalah wanita yang mampu memandang diri sebagai pribadi yang kuat dan mandiri, sukses berkarir juga sukses berumah tangga termasuk mandiri dalam hal finansial. Lalu kenapa wanita masa kini harus mandiri ? Berikut alasannya :A. Bebas untuk belanja pilihan sendiriPernah mendengar istilah BM? Ya, istilah banyak mau ini kerap hinggap pada wanita, keperluan wanita banyak sekali macamnya mulai dari make-up, pakaian, pernak-pernik, aksesoris, jalan-jalan dan banyak lainnya.B. Back-up penghasilan suamiDi jaman sekarang, banyak orang yang punya pendapatan lebih sedikit daripada pengeluaran. Banyak para suami yang kerepotan, sehingga dibutuhkan back-up dari istri untuk penghasilan tambahan. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti dengan menjalankan bisnis yang bisa dilakukan di mana saja yang penting menghasilkan.C. Wanita mandiri sangat diandalkanMenjadi wanita masa kini yang mandiri juga berarti punya multi peran, yang harus diingat adalah bahwa wanita sebagai istri adalah pendamping suami, bukan atasan suami ataupun saingan suami. Istri yang sukses mampu membuat suami merasa nyaman dan mampu menjaga kehormatan keluarganya. Peran istri sebagai ibu rumah tangga pun tidak akan pernah lepas, walaupun ia turut mencari nafkah.D. Menjadi pribadi yang hebatTanpa disadari, wanita mandiri masa kini akan menjadi yang mandiri dan penuh percaya diri bahkan hebat. Wanita yang percaya diri, pasti akan membesarkan anak-anak yang mandiri dan percaya diri juga.
Apa program-program ladies?
Program-program khusus yang berkaitan dengan isu wanita, yang berkaitan dengan:
- Kesehatan,
- Kecantikan,
- Kebugaran
- Seputar gizi keluarga – keharmonisan rumah tangga
- Pemberdayaan wanita dengan bisnis K-Link (empowering women)
- Produk-produk khusus wanita.
Apa itu Ladies Beauty Club (LBC)?
Merupakan wadah yang yang dibuat oleh K-Link Indonesia yang di perkenalkan pada September 2013 untuk memfasilitasi para wanita yang sudah menjadi mitra K-Link untuk menjadi lebih mandiri dengan memberikan pelatihan, workshop dan seminar dalam upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan pelatihan untuk menjadi penjual langsung yang sangat terampil dan tidak hanya mandiri, namun juga menjadikan wanita meraih sehat, cantik dan sukses secara sekaligus dengan membentuk Ladies Beauty Club (LBC).Dengan beranggotakan seluruh Crown Ambassador (CA) Ladies dan member ladies yang telah memenuhi persyaratan menjadi anggota LBC. Sebagai pelindung dari Klub ini adalah Dato’ DR. H. MD. Radzi Saleh sementara Product Manager (PM) Fatma Dwi Amartani bertugas sebagai sekretaris dari LBC. Saat ini telah ada 4 (empat) orang wanita sukses yang duduk sebagai dewan LBC yaitu, Senior Crown Ambassador Triana Kurniati, Senior Crown Ambassador Annisa Permatasari, Senior Crown Ambassador Solekhatun, dan Senior Crown Ambassador Dr. Nila Farahdiba Daulay. Seluruh istri dari Royal Crown Ambassador yang telah memiliki peringkat Senior Crown Ambassador dan diatasnya, dapat otomatis menjadi dewan LBC. Dewan LBC inilah yang dapat memberikan saran mengenai kegiatan-kegiatan LBC, bentuk-bentuk promosi untuk para member LBC serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan LBC.Dengan jargon salam “Sehat, Cantik, Sukses”, sebuah wadah khusus bagi para wanita untuk dapat bersosialisasi sekaligus menambah wawasan mengenai kesehatan dan kecantikan serta ingin menginspirasi para wanita untuk sukses dan mandiri dibidang financial ini.
Apa saja kegiatan LBC?
Dengan divisi yang ada di Ladies Beauty Club, masing-masing memiliki kegiatan rutin sesuai dengan divisinya seperti :- Seminar dengan tema sesuai dengan kebutuhan wanita, dengan mengundang narasumber dari kalangan medis maupun artis.- Pelatihan untuk meningkatkan kualitas wanita.- Kegiatan sosial berupa bazar maupun penggalangan dana.- Boot Camp.
Apakah K-Link sesuai syariah?
Sistem pemasaran berjenjang atau Multi Level Marketing (MLM) sedang menjadi sorotan sebagai salah satu pemutar roda ekonomi di Indonesia. Bicara tentang network marketing,
Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) telah mengeluarkan fatwa tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS).Bisnis MLM merupakan salah satu bisnis modern yang tidak ada di zaman Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itulah terdapat banyak perbedaan pendapat mengenai hukum bisnis MLM. Ada yang menghalalkan, ada yang mengharamkan MLM secara keseluruhan. Ada juga pendapat yang mengatakan halal atau haram, bergantung pada sistem yang diterapkan dalam MLM tersebut.
Pendapat ketiga ini sepertinya pendapat yang lebih tepat, karena dalam prakteknya dari sekitar 600 perusahaan MLM yang terdapat di Indonesia, masing-masing menerapkan sistem yang berbeda. Ada sistem binary, breakaway, unilevel, viral marketing, skema ponzi, dan sebagainya. Dari seluruh MLM yang ada, 66 di antaranya sudah resmi terdaftar di Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI). Dari jumlah tersebut hanya 6 yang sudah mendapat Sertifikat Syariah dari MUI, satu di antaranya adalah K-LINK.
Perbedaan pendapat mengenai hukum MLM ini semakin tajam dengan adanya kerancuan istilah antara MLM dengan money game di kalangan masyarakat. Pemasaran berjenjang pada hakikatnya adalah sebuah sistem distribusi barang. Banyaknya bonus didapat dari omset penjualan yang didistribusikan melalui jaringannya.
Sedangkan money game menurut fatwa DSN MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 adalah kegiatan penghimpunan dana masyarakat atau penggandaan uang dengan praktik memberikan komisi dan bonus dari hasil perekrutan/pendaftaran mitra usaha yang baru/bergabung kemudian, dan bukan dari hasil penjualan produk, atau dari hasil penjualan produk namun produk yang dijual tersebut hanya kamuflase atau tidak mempunyai mutu/kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan .
Bagaimanakah Fatwa Ulama tentang MLM?
Dr. Setiawan Budi Utomo dalam tulisannya di laman dakwatuna.com menyatakan :The Islamic Food and Nutrition of America (IFANCA) telah mengeluarkan edaran tentang produk MLM halal dan dibenarkan oleh agama yang ditandatangani langsung oleh Presiden IFANCA M. Munir Chaudry, Ph.D. IFANCA mengingatkan untuk meneliti kehalalan suatu bisnis MLM sebelum bergabung atau menggunakannya dengan mengkaji aspek :
- Marketing Plan. Adakah unsur skema piramida? Unsur piramida memungkinkan distributor yang lebih dulu bergabung selalu diuntungkan dengan mengurangi hak distributor di bawahnya sehingga merugikan downline dan hukumnya haram.
- Track Record. Apakah perusahaan MLM tersebut memiliki track record positif atau tiba-tiba muncul, terutama jika mengundang banyak kontroversi.
- Produk. Apakah produknya mengandung zat-zat haram? Apakah mendapatkan jaminan untuk ditukar apabila produk cacat produksi.
- Investasi Berlebihan. Apabila perusahaan menekankan target penghimpunan dana dan menganggap bahwa produk tidak penting atau hanya sebagai kedok, terutama jika modal awal seperti uang pendaftarannya cukup besar. Ini patut dicurigai sebagai arisan berantai (money game) yang menyerupai judi.
- Sistem Kerja. Telitilah skema kerja sebagai distributor terutama jika perusahaan MLM tersebut menjanjikan kaya mendadak tanpa bekerja.
Di Indonesia, Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) sebagai lembaga resmi yang diakui pemerintah RI dan melibatkan ulama dari berbagai Ormas Islam telah mengeluarkan fatwa yang dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk menentukan halal haramnya sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis MLM.
Dalam fatwa yang ditandatangani oleh Ketua DSN MUI DR. KH. Sahal Mahfudz dan Sekretaris KH. Drs. Ichwan Sam pada tanggal 25 Juli 2009, dijelaskan ada 12 persyaratan bagi MLM terkategori sesuai syariah, yaitu :
- Ada obyek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa;
- Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram;
- Transaksi dalam perdagangan tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba’, dharar, dzulm, maksiat;
- Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas;
- Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota, besaran maupun bentuknya harus berdasarkan prestasi kerja yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan produk, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS;
- Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota harus jelas jumlahnya, saat transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan perusahaan;
- Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa;
- Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra’.
- Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya;
- Sistem perekrutan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan sebagainya;
- Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan wajib membina dan mengawasi anggota yang direkrutnya;
- Tidak melakukan kegiatan money game.
Demikianlah fatwa ulama mengenai MLM, semoga tulisan ini bermanfaat.Wallahu a’lam bish showab.
(HM. Sofwan Jauhari Lc, M.Ag.)Dosen Pembantu Ketua (Puket) Sekolah Tinggi Ilmu Ushulluddin Al-Hikmah. Meraih gelar S1 Syariah dari Universitas Imam Muhammad, Riyadh. Dan mendapatkan gelar Master dalam bidang Ekonomi Islam dari Universitas Muhammadiyah Jakrta. Saat ini tercatat sebagai anggota Dewan Sayariah Nasional (DSN) MUI.
https://k-link.co.id/fatwa-ulama-mengenai-mlm/
Apakah Syariah Preneur Network itu?
Syariah Preneur adalah orang-orang yang menjadi entrepreneur (wirausaha) yang patuh pada prinsip syariah dalam muamalah/berbisnis. K-Link mewadahi aktivitas ini dengan membuka peluang untuk bergabung di dalam komunitas Syariah Preneur untuk berbisnis di Digital Network Marketing K-Link
Bagaimana cara mengganti nama yang salah pada membership?
- Anda bisa hubungi Customer Service di nomor 021-29027000
Anda bisa hubungi Customer Service di nomor 021-29027000
- Anda bisa hubungi Customer Service di nomor 021-29027000 untuk pelaporan kasus cutting price.